Sebanyak 65.700 Orang Di Garut Menggangur

Kamis, Januari 18th 2018. | Headline, Nasional

Jakarta – Sebanyak 65.700 orang di Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat yang masih menganggur akhir 2017. Hal ini disebabkan minimnya lapangan pekerjaan untuk menyerap tenaga kerja lokal.

Lebih lanjut Tefi RD Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Garut mengatakan, “Hingga akhir 2017 saja jumlah pengangguran di Garut mencapai 65.700 orang,” ujarnya

Tedi menjelaskan bahwa pada 2017, jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Garut sebanyak 23 ribu orang. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 19 ribu orang.  

Menurut Tedi, peningkatan itu terjadi karena tidak seimbangnya angka lulusan sekolah dengan jumlah serapan tenaga kerja di Kabupaten Garut. Akibatnya masih banyak warga yang belum mendapatkan kesempatan bekerja.

Tedi menjelaskan, Artinya jumlah serapan kerja sangat tidak sebanding dengan jumlah kelulusan sekolah per tahunnya,” ujarnya

Ia mengungkapkan bahwa tenaga kerja yang terserap di Garut selama 2017 hingga awal 2018 hanya 7.500 orang. Para pekerja tersebut tersebar di sejumlah perusahaan berskala besar yang baru berdiri di Garut.

Tedi mengatakan, Setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Garut terus berupaya meminimalisasi angka pengangguran dengan mendatangkan investor untuk mendirikan usahanya di Kabupaten Garut.

Ia menyebutkan, jumlah perusahaan di Kabupaten Garut tercatat hanya berjumlah 717 perusahaan yang dikelola asing dan lokal termasuk perusahaan kecil seperti pertokoan.

Akibat minimnya lapangan pekerjaan di Garut, kata dia, banyak warga Garut mencari pekerjaan di luar kota, bahkan luar negeri dengan upah setiap bulannya lebih besar. 

“Tercatat warga Garut yang sudah bekerja di luar negeri sebanyak 250 orang yang tersebar di sejumlah negara seperti Taiwan dan Hongkong,” ungkapnya. (Red)

Related For Sebanyak 65.700 Orang Di Garut Menggangur