Puluhan PKL Memadati Jalur Busway Di.Kota Tua

Minggu, Juli 1st 2018. | Headline, Nasional

Jakarta, Suronews – Jalur Khusus Bus Transjakarta melintas dengan Tanda garis merah dipenuhi Puluhan pedagang kaki lima (PKL) berjualan pinggir Jalan Lada, Kota Tua, Jakarta Barat.

Oleh sebab itu, bus transjakarta bisa memasuki jalur setelah mendekati halte Transajakarta

Hasil Pantauan, sekitar pukul 10.00- 22.00 WIB, PKL mulai membuka lapak daganganya dengan memakai gerobak. Ada yang menjual makanan, topi, kacamata, pecel, buah-buahan, sepatu, cincin ukir, dan lainnya.

Asep, pedagang minuman dingin membuka lapaknya dekat dengan batas jalur Transjakarta mengaku sebagai pedagang musiman. Sebab, ia hanya berdagang di sana pada liburan Anak Sekolah Saja

Asep mengatakan, “Kalau lagi musim liburan aja saya jualannya. Biasa saya tidak di sini, di.Mangga Besar,”ujarnya

Menggelar lapak dekat jalur Transjakarta tidak membuatnya takut. Dengan santai, ia mengatakan pengendara mobil menyadari keberadaan PKL di jalur ini

“Mobil-mobil juga¬†pada tau, Tidak¬†mungkin kita ditabrak,” katanya sambil tertawa

Sementara,Tuti, pedagang mie bakso mengatakan tidak menetap berdagang di sana. Ia mengaku sebagai pedagang keliling yang hanya memanfaatkan keramaian dekat Taman Fatahillah.

Titi mengatakan,”Sebentar, enggak lama (di sini). Nanti juga keliling lagi,” katanya

Tuti memarkirkan gerobak mie bakso nya di garis merah jalur Transjakarta. Meski memasuki area tersebut, ia mengatakan bus tidak melintas di jalur ini.

“Dari tadi sih tidak lewat sini. Jadi saya aman-aman aja,” katanya.

Koko pedagang sate sosis, mengakui bahwa yang dilakukan teman-temannya sesama pedagang di pinggir jalur bus Transjakarta sebenarnya berbahaya.

“Ya bahaya sih bahaya, mobil kayak gini-gini (mobil pribadi) suka lewat juga kan. Mungkin dia baru. Kalau pedagang yang tahu kan milihnya dekat sini pintu Taman Fatahillah,” katanya.

Sementara itu, Joko masih mencari lokasi strategis untuk membuka lapak dagangannya, yaitu di depan pintu keluar Museum Sejarah Jakarta. Meski begitu, ia tetap menjadi salah satu yang menggunakan salah satu lajur jalan raya.(wahyu)

Related For Puluhan PKL Memadati Jalur Busway Di.Kota Tua