Pergantian Musim Panas Ke Musim Hujan, Masyarakat Waspada Persebaran Virus Dengue

Minggu, Mei 15th 2022. | Headline, Politik & Hukum

Bekasi, Suronews.com – Di saat pergantian musim panas ke musim hujan, masyarakat diminta waspada persebaran virus dengue. Virus ini disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang mengakibatkan demam berdarah dengue (DBD)

Romi, warga Perumahan Mutiara Gading Riviera, Kabupaten Bekasi, tak menyangka kedua buah hatinya menderita DBD secara bersamaan

Saat itu, kasus DBD di wilayah tempat tinggalnya lagi tinggi. Bahkan, beberapa tetangganya sudah terlebih dahulu terpapar virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti ini.

“Sebelum Lebaran 2022, kasus DBD di Tambun Utara, memang lagi tinggi. Tetangga saya banyak yang terjangkit DBD,” kata Romi, kepada Beritasatu.com, Minggu (15/5/2022).

Dia mengaku, Dinas Kesehatan setempat telah melakukan pengasapan (fogging) sejak kasus DBD merebak di wilayahnya. Bersyukur juga tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi memberikan perawatan intensif sehingga kedua buah hatinya telah sembuh.

Sementara itu, Pahrudin Ahmad Jarkasih selaku pemegang program pemberantasan DBD Dinkes Kabupaten Bekasi mengungkapkan, lebih mengutamakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ketimbang melakukan pengasapan.

“Kita utamakan melakukan PSN. Kita basmi jentik nyamuk sebelum menjadi nyamuk dewasa,” ucap Pahrudin.

Selain itu, kata dia, apabila ditemukan kasus DBD, Dinkes Kabupaten Bekasi melakukan pemeriksaan epidemiologi (PE) ke rumah pasien dan memeriksa lingkungan sekitar.

“Kita periksa yaitu kolam penampungan air di dalam rumah, dispenser, lokasi belakang kulkas. Lalu, di luar rumah seperti tempat minum burung, botol kemasan bekas atau tempat apa saja yang ada genangan airnya, kita bersihkan,” bebernya.

Pihaknya menyarankan, melakukan kegiatan PSN terlebih dahulu baru kemudian melakukan fogging.

Berdasarkan data 2022, kasus DBD pada Januari terdapat 73 kasus, Februari 46 kasus, Maret 151 kasus dan April 141 kasus dengan satu kasus kematian. Kasus DBD tertinggi terdapat di Puskesmas Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan. (Vivi)

Related For Pergantian Musim Panas Ke Musim Hujan, Masyarakat Waspada Persebaran Virus Dengue