Pendaftaran CPNS Online Dimulai Juni 2018

Kamis, Mei 17th 2018. | Headline, Politik & Hukum

Jakarta, Suronews – Hai, Ada Kabar gembira untuk peminat CPNS. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Refotmasi dan Birokrasi (Menpan RB) akhirnya meliris jadwal rekrutmen dan seleksi CPNS 2018.

Jadwal akan diatur oleh menteri, akhir Mei ini jadwal penetapan formasi. Sementara pendaftaran online dimulai Juni ini.

Pelaksanaan seleksi Juli sampai September. Pengumuman kelulusan akhir Agustus sampai September. Terakhir pemberkasan Oktober.

Sementara itu, Perkasa Alam Kepala BKD Jaksel mengatakan informasi ini baru dikabarkan Menpan RB dalam minggu ini.

Perkasa menjelaskan,”Baru saja dirilis oleh Menpan RB,” ucapnya

Sebelumnya Pemprov Kalsel mengusulkan 874 formasi untuk lingkungan Pemprov Kalsel. Dari total formasi yang diusulkan paling banyak formasi guru, tenaga kesehatan dan infrastruktur pembangunan, sisanya adalah lulusan ekonomi dan lain-lain.

Perkasa menyebutkan, Pihaknya sudah meminta Kemenpan RB agar bisa menerima usulannya. Setidaknya dari jumlah usulan formasi Kemenpan RB tak terlalu banyak memangkas formasi yang diberikan untuk Pemprov Kalsel.

Selesai Pilkada

Perkasa Alam, Kepala BKD menyampaikan, Kabar yang kami dapat dari Pemprov Kalsel ada di Bulan Juni 2018 akan dikeluarkan formasi.

Perkasa Alam mengatakan, Kami baru saja mendapatkan informasi dari Kemenpan RB bahwa pengumuman formasi akan disampaikan setelah Pilkada serentak 27 Juni nanti.

Jika diumumkan setelah pilkada serentak maka minimal pengumuman akan dilakukan pada akhir Juni.

Perkasa menjelaskan, “Informasi terakhir yang kita dapatkan itu, artinya jangan percaya jika ada informasi bahwa CPNS sudah dibuka atau sudah ada oknum yang menawarkan berbagai lowongan bisa lolos CPNS karena formasi yang sudah disetujui sendiri kita belum terima,” ungkapnya

Namun ia berharap di akhir Mei ini pengumuman formasi bisa dikeluarkan oleh Kemenpan RB tanpa menunggu setelah Pilkada.

“Kita juga masih menunggu keputusan Kemenpan RB, semua pemda sudah siap, “tambahnya

Sebelumnya berhembus kabar dari Kemenpan RB terkait penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Kalsel. Pasalnya usulan formasi sebanyak 874 yang diusulkan Pemprov Kalsel Bakal diterima sekitar 20 persennya saja.

Namun, Perkasa Alam menambahkan,  Kami sudah meminta agar usulan Pemprov Kalsel sebanyak 874 tersebut bisa tak dikurangi terlalu banyak.

Selain itu ia berharap agar formasi umum juga turut diperhatikan tak hanya tiga fokus utama pemerintah yaitu pendidikan, kesehatan dan teknik infrastruktur pembangunan.(Ali)

Related For Pendaftaran CPNS Online Dimulai Juni 2018