Pemberdayaan Perempuan Wujudkan Ekonomi Keluarga

Kamis, Maret 15th 2018. | Headline, Sosial

Jakarta, Suronews-Pemberdayaan ekonomi perempuan sangatlah penting guna menunjang ekonomi keluarga,  MCA Indonesia membantu perempuan Indonesia untuk bisa tangguh Dan mampu menopang ekonomi keluarga. Misal saja di Kalimantan Barat,  Kalimantan Timur,  Jambi,  Sulawesi Barat,  Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara,  Nusantara Tenggara Barat (NTB)  dan Nusantara Tenggara Timur (NTT)  dimana MCA Indonesia telah membangun perempuan dalam hal pertanian bagaimana mereka bisa mengelola pertaniannya dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang baik guna menghidupi keluarga mereka.

Direktur Inklusi Sosial Dan Gender Millennium Challenge Account Indonesia (MCA Indonesia), mengatakan, “di Indonesia masih sedikit kebijakan berbasis bukti yang mendukung upaya lemberdayaan perempuan dalam ekonomi rendah karbon menjadi tantangan bagi para pengambil keputusan.”

Terkait dengan hal tersebut MCA Indonesia merasakan penting membangun Perempuan Indonesia, dan bagaimana agar kesetaraan gender bisa di dapat kaum perempuan,”kita sudah bisa lihat sendiri bagaimana peran perempuan begitu besar dalam keluarga bahkan perempuan bisa menjadi pengambil keputusan dalam keluarga. Disinilah perempuan bisa memutuskan apa yang harus dilakukan, apa yang harus diutamakan.

“Kesetaraan gender yang menarik kalau kita bicara di komunitas perempuan. Walaupun tidak tertulis sudah masuk,  kami sendiri merasakan di KLHK tidak terbiasa menyusun kebijakan namun bagaimana konkrit nya,  ada beberapa catatan menarik yang saya catat ada beberapa rekomendasi,  pemberdayaan perempuan,  Dan beberapa point itu sangat menarik. “jelas Direktur Mitigasi Perubahan Iklim KLHK, Ir Emma Rachmawati MSc,  saat ditemui di Hotel Pullman, Thamrin Jakarta Pusat,  Rabu,  (14/3).

Emma juga menyampaikan,  “Bagaimana pengarustamaan gender bisa terwujud,  bagaimana kami menilai bagaimana menyelaraskan dan bagaimana strategi nya,  lantas bagaimana konsep sebagai pemangku kepentingan. Secara nasional sudah ada sampai di tingkat daerah, disinilah seharusnya mereka bisa dimulai dengan kesetaraan gender, perempuan sangat penting dalam mengelola sumberdaya alam.Kalau bicara paris agreement,  ya.. gender equity.” (swh)

Related For Pemberdayaan Perempuan Wujudkan Ekonomi Keluarga