PBB Dinyatakan Lolos Ikut Pilkada 2019 Oleh Bawaslu

Minggu, Maret 4th 2018. | Headline, Politik & Hukum

Jakarta,Suronews – Akhirnya Partai Bulan Bintang Lolos untuk menjadi peserta Pemilu 2019 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu menerima seluruh permohonan PBB terkait gugatan atas penetapan parpol peserta Pemilu 2019 oleh KPU.

Lebih lanjut Abhan Ketua Bawaslu mengatakan,”Mengabulkan permohonan pemohon (PBB) seluruhnya,” jelasnya saat membacakan putusan sidang sengketa PBB dan KPU di lantai 4 Kantor Bawaslu di Jalan MH Thamrin Nomor 14, Sarinah, Jakarta, Minggu (4/3) malam.

Dalam keputusan ini, Bawaslu juga membatalkan SK KPU bernomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019, khususnya poin yang menyatakan PBB tidak memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019. Bawaslu memerintahkan KPU menetapkan PBB sebagai partai peserta Pemilu 2019.

Abhan dengan menegaskan, “Memerintahkan KPU melaksanakan putusan ini paling lama tiga hari setelah dibacakan,” ujarnya

Partai Bulan Bintang Sebagai diketahui telah menggugat keputusan KPU Nomor 58 Tahun 2018 ke Bawaslu beberapa hari setelah KPU mengumumkan keputusan tersebut, 17 Fabruari 2018. Setelah gugatan PBB diregistrasi, Bawaslu menggelar sidang mediasi antara PBB dan KPU. Namun, mediasi keduanya gagal dan gugatan PBB pun dilanjutkan ke sidang adjudikasi.

Dalam keputusan KPU, PBB dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat keanggotaan di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Namun, PBB menuding KPU di Kabupaten Manokwari Selatan sama sekali tidak melakukan verifikasi terhadap PBB setelah adanya putusan MK yang mengharuskan semua parpol diverifikasi.

KPU Provinsi Papua Barat menyatakan PBB telah lolos memenuhi syarat verifikasi dalam rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi di Kantor KPU. ( Edo )

Related For PBB Dinyatakan Lolos Ikut Pilkada 2019 Oleh Bawaslu