KLHK Akan Segera Membongkar Bangun Liar Kawasan Puncak

Jumat, Februari 9th 2018. | Headline, Nasional

Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan segera membongkar bangunan-bangunan liar seperti vila yang dibangun secara ilegal. KLHK akan menempuh upaya hukum jika pembongkaran mendapat penolakan dari pemilik bangunan. 

Lebih lanjut Indra Exploitasi Semiawan Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan mengatakan, “Bangunan dan vila di sekitar kawasan tersebut yang merusak tanah resapan dan merusak topografi dan kontur tanah,” ujarnya

Pihaknya segera berkonsolidasi dengan Perum Perhutani sebagai pengelola kawasan hutan di Puncak dan Dinas Tata Ruang Kabupaten Bogor untuk mendata bangunan tak berizin dan menyalahi tata ruang. Penertiban nantinya melibatkan Satpol PP Kabupaten Bogor, Polres Bogor, dan Kejaksaan Negeri Cibinong.

“Ditjen Gakkum KLHK telah melakukan peneguran kepada pemilik vila dan bangunan agar segera mengosongkan dan merubuhkan bangunan,” imbuhnya

Adapun jika tahap peneguran itu para pemilik vila tetap tak mau pindah dan membongkar bangunannya, maka akan dilakukan pembongkaran paksa. Kata Indra, KLHK tak khawatir mendapatkan perlawanan dan penolakan dari pemilik vila meski tak sedikit pemilik vila dikuasai kekuatan besar dan para pejabat. 

“Terhadap beberapa pemilik bangunan dan vila yang berkeras dan memiliki hak, kami melakukan upaya dengan pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kejaksaan Negeri Cibinong sebagai pengacara negara untuk upaya negosiasi serta upaya keperdataan dan TUN,” jelasnya

Sementara soal total bangunan dan identitas para pemilik vila yang akan dibongkar, Indra enggan membeberkan. “Belum bisa kami publikasi,” ujarnya.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor pada Minggu, 4 Februari, malam, hingga Senin, 5 Februari, mengakibatkan beberapa titik di kawasan Puncak terjadi bencana longsor.

Lokasi yang mengalami longsor yakni ruas Ciawi-Puncak yang berada di Gunung Mas, Riung Gunung, Grand Hill, dan Masjid Attaawun. Pada ruas Puncak Pas-Bts, Kota Cianjur, longsor terjadi di Puncak Pas dan ruas Ciawi-Benda, serta di Ciawi-Benda Pasar Cikereteg.(red)

Related For KLHK Akan Segera Membongkar Bangun Liar Kawasan Puncak