Freddy : Pembuatan PT Hanya 3 jam

Senin, Januari 15th 2018. | Headline, Nasional

Jakarta – Mengurus izin pendirian Perseroan Terbatas (PT) kini tak lagi makan waktu lama. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (KI) Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris, menjelaskan untuk membuat Perseroan Terbatas (PT) saat ini bisa dilakukan dalam durasi satu hari.

“Satu hari. Jadi ada akta yang elektronik. Jadi akta itu kan kemarin notaris ketik, ketik, ketik, terus bikin ini, nanti sama Dukcapil misalnya teman-teman mau bikin PT, bawa e-KTP sudah otomatis di scan jadi dia langsung keluar di akte notaris. Jadi engga ada lagi salah ketik segala macam. Trus jadi lebih cepat lagi,”ujar Freddy di Gedung Kemenko Perekonomian, Senin (15/1/2018).

Dirinya menjelaskan nantinya dari proses registrasi sampai pembayaran untuk pembuatan PT akan dilakukan dalam satu jalur menggunakan sistem online yang bisa dikases melalui aplikasi.

Freddy menambahkan, “Sekarang sudah enggak, jadi harus pakai aplikasi yang your only one payment system. Jadi misalnya mau bikin PT, ya sudah bayarnya di situ saja. Jadi ada peningkatan dari segini waktu. Jadi orang lebih mudah lagi untuk bikin PT,” ujarnya

Freddy menjelaskan untuk sistem sebelumnya, membutuhkan waktu 7 hari untuk proses pembuatan PT.

Freddy menerangkan,”Kalau kemarin sih dihitung 7 hari ya, karena ngurus NPWP. Jadi nanti ada single submision, kedua nanti ditawari juga, kita sedang nyusun nanti orang mau bikin PT ditawari merek, jadi mau sekalian bikin merek enggak? Mau sekalian daftar domain name enggak,” jelasnya.

Dalam hal ini dirinya mengemukakan, siatem ini sudah aman karena sudah dipayungi hukum yang jelas.

Freddy memaparkan, “Ya kan sama Dukcapil, nanti notaris akan ada mesin e-KTP reader, jadi mesin KTP reader ke kita, langsung kita ke Dukcapil, jadi online semua,” terangnya.

Realisasj proses online ini ternyata sudah dilakukan sejak Januari tahun ini, dan akan terus disempurnakan sistemnya pada Februari 2018.

“Sudah, sudah dimulai, Januari ini sudah. Sekarang istilahnya lagi trial terus, tapi 1 Februari sudah enggak boleh notaris datang lagi ke teller. Sekarang sudah mulai tapi kan kalau sekarang masih soft launching istilahnya, notaris masih ada yang enggak ngerti segala macam kita kasih help desknya. Nanti 1 Februari sudah enggak bisa lagi,” tegasnya

Nantinya ke depan segala proses registrasi dan pembayaran akan selesai dalam waktu 3 jam

Freddy juga menjelaskan, “Nanti bikin PT itu 3 jam,”sambungnya. (*)

Related For Freddy : Pembuatan PT Hanya 3 jam