Caleg Perempuan Harus Memperjuangkan RUU PKS

Senin, Maret 11th 2019. | Headline, Politik & Hukum

Jakarta, Suronews – Yuniyanti Chuzaifah Wakil Ketua Komisi Nasional Perempuan mengatakan perlunya perempuan masuk dalam parlemen guna mewakili kalangan perempuan.

Hal itu ia sampaikan dalam diskusi Forum Perempuan dan Politik: Caleg Perempuan Siap Hadapi Pemilu 2019 di ruang KK I, Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (11/3).

“Perlu sekali adanya perempuan dalam parlemen, untuk mewakili suara perempuan yang selama ini belum didengar,” ujarnya

Menurut Yuni, dengan adanya regulasi yang mengatur soal 30% keterwakilan perempuan di dalam badan legislatif menjadi kesempatan untuk mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan dan memenangkan kaum perempuan.

Yuni meminta para calon legislatif (caleg) perempuan mampu menjaga kebijakan soal perempuan yang sudah dikeluarkan sebelumnya.

Yuni meminta kepada caleg perempuan yang hadir untuk terus memerjuangkan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) yang hingga kini masih terkatung-katung. Undang-undang ini mampu menyelamatkan psikis perempuan yang jadi korban kekerasan seksual.

“Spiritnya adalah perempuan yang jadi korban tidak ditinggal sendiri, tapi pemerintah ikut memulihkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yuni berharap para caleg yang terpilih nantinya mampu memperbaiki situasi politik yang saat ini dinilai destruktif.

“Perempuan harus memberi tauladan politik yang beradab. Politik saat ini mendiskriminasi perempuan yang lain. Tinggalkan jejak nyata dan warisan untuk perempuan lainnya. Berikan sesuatu yang dampaknya luas, masif, panjang dan sistemik,” imbuhnya.(Sri)

Related For Caleg Perempuan Harus Memperjuangkan RUU PKS