BUMN Berkomitmen Meningkatkan Kwalitas UMKM Dalam Negeri

Sabtu, Maret 24th 2018. | Headline, Seni & Budaya

Jakarta, Suronews – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas UMKM Indonesia.

Lebih lanjut Menteri BUMN Rini. Soemarno mengatakan, “Ini wujud komitmen BUMN untuk terus meningkatkan kualitas UMKM dalam negeri,” Latonya seusai acara pembukaan Telkom Craft di Jakarta Convention Center, Kamis (22/3/2018).

Roni menambahkan, semua ini tidak terlepas dari salah satu perusahaan BUMN, PT Telekomunikasi Indonesia untuk mempunyai online market yaitu Blanja.com.

Roni menerangkan, “Oleh karena itu, UMKM harus memanfaatkan online market,” ujarnya

lanjut Rini menjelaskan,  UMKM tidak bisa hanya mengandalkan online saja, mereka harus dan perlu jaga kualitas produk, packaging, serta kemampuan untuk mendeliver secara ontime.

“Oleh karena itu, diperlukan pelatihan-pelatihan, makanya kita bentuk rumah kreatif BUMN (RKB),” ujarnya

Menurut Rini, saat ini kita sudah bangun RKB di beberapa titik di seluruh kabupaten/kota. “Saat ini sudah baangun di 210 kabupaten/kota. Targetnya 570,” imbuhnya.

Namun Demikian,  Rini menambahkan, kita tidak hanya menyadiakan tempat saja, di RKB kita juga adakan pelatihan dan arahan bagaimana UMKM memakai internet, serta memperbaiki kualitas produknya.

Roni mendapatkan, “Dalam pelatihan tersebut kita akan berikan mereka (UMKM) paspor setiap kali pelatihan, supaya mereka siap untuk masuk ke pasar online,”ujarnya

Selain itu, lanjut Rini, nantinya di beberapa tempat RKB akan kita sediakan Co-Working spacenya. Kita akan siapkan lahan untuk anak muda yang ingin mulai usaha terutama bagian desain yang akan lebih bermanfaat jika melakukan kerja sama dengan para UMKM.

Roni menjelaskan,”Kami Berharap para desain grafis muda dapat membantu UMKM dalam memberikan desain packaging dan lainnya. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan PT Telkom, sehingga kita harapkan program ini bisa lebih meningkatkan UMKM Indonesia,” ujarnya. (Warsih)

Related For BUMN Berkomitmen Meningkatkan Kwalitas UMKM Dalam Negeri