Banyak Perusahaan Media Belum Mendaftarkan Jurnalis Ke BPJS

Selasa, Mei 1st 2018. | Headline, Nasional

Jakarta, Suronews – Sebanyak 75 Orang memakai pakaian serba hitam dari berbagai Asosiasi jurnalis elemen, seperti, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers, dan Federasi Serikat Pekerja Media Independen (FSPMI), menuntut peningkatkan kesejahteraan jurnalis.

Masa dari berbagai Asosiasi Jurnalis ini berorasi di depan gedung Dewan Pers berlanjut longmars melewati Tugu Tani, Jalan Medan Merdeka Selatan, berakhir di Bundaran Patung Kuda sambil meneriakkan yel-yel ‘jurnalis bersatu tak bisa dikalahkan.’

Lebih lanjut Wawan ABK Ketua Bidang Ketenagakerjaan AJI Indonesia mengatakan,”Tuntunan utama kami adalah kita dorong untuk memerhatikan kesejahteraan jurnalis terutama untuk jaminan sosial,” tegasnya ditemui di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Mei 2018.

Wawan mengatakan saat ini masih banyak ditemukan pelanggaran oleh pemilik media kepada para jurnalis. Padahal, jurnalis merupakan pilar ke-4 penyangga demokrasi di Indonesia.

Wawan pun menjelaskan,”Pelanggaran tersebut tidak hanya dilakukan media nasional, namun perusahaan media asing yang berdomisili di Indonesia juga melakukan hal yang sama,” ungkapnya

Banyak perusahaan media tidak mendaftarkan para jurnalis sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan. Padahal jelas-jelas di dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS, pekerja wajib menjadi peserta.

Wawan menegaskan, “Banyak perusahaan media belum memberikan jaminan sosial yang layak kepada  jurnalis. Kita mendesak seluruh media memberikan fasilitas tersebut,” ujarnya. ( Akbar )

Related For Banyak Perusahaan Media Belum Mendaftarkan Jurnalis Ke BPJS