Hujan Abu Terjadi Di.Kabupaten Boyolali dan Klaten

Rabu, Januari 30th 2019. | Headline, Nasional

Yogyakarta –  Hujan abu terjadi di beberapa tempat di Kabupaten Boyolali dan Klaten pada Selasa (29/1) malam. Material abu berasal dari awan panas guguran Gunung Merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, membenarkan adanya hujan abu. tercatat dua daerah di Jateng terdampak hujan abu.

Hanik Humaida, menjelaskan,”Akibat kejadian awan panas guguran tersebut hujan abu tipis dilaporkan terjadi di Boyolali dan Klaten,” katanya kepada wartawan di kantornya, Rabu (30/1/2019).

Wilayah terdampak hujan abu tipis yakni di Kecamatan Musuk, Mojosongo, Teras, Cepogo, dan Simo yang berada di Kabupaten Boyolali. Hujan abu juga dijumpai di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Hujan abu yang terjadi di Boyolali dan Klaten lebih disebabkan karena angin semalam mengarah ke timur Gunung Merapi. Oleh karenanya hujan abu tipis terjadi di wilayah Boyolali dan Klaten.

Hanik Humaida menyampaikan,”Kalau kecepatannya (angin) kencang ya otomatis setelah itu (material abu) akan terdistribusi. Demikian juga dengan arah angin, kalau ada (hujan) abu pasti korelasinya dengan arah angin itu tadi, jadi tadi malam anginnya ke timur,” ungkapnya.( Hamdani )

Related For Hujan Abu Terjadi Di.Kabupaten Boyolali dan Klaten