Seratus Satelit Dari Kemkominfo Ke Donggala

Minggu, September 30th 2018. | Headline, Nasional

Jakarta, Suronews – Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kominfo) segera mengirimkan telepon satelit ke Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Telepon satelit sangat dibutuhkan menunjang pencarian korban terutama yang selamat akibat gempa dan tsunami di kawasan itu.

Lebih lanjut, Menkominfo Rudiantara, mengatakan,”Sabtu, 29 September 2018, mula-mula sudah kirim 30 telepon satelit. Itu tahap pertama. Senin, 1 Oktober 2018 mudah-mudahan bisa masuk 100 telepon satelit lagi,” jelasnya ditemui di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Oktober 2018

Menurut Rudiantara, telepon satelit sangat mudah digunakan saat bencana alam. Jaringannya tidak akan terganggu karena tidak bergantung pada Base Transceiver Station (BTS
Telepon satelit akan digunakan TNI, Polri, Basarnas, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pencarian korban. Penggunaan telepon satelit memudahkan tim karena menggunakan sistem pengisian ulang daya.

Rudiantara menjelaskan penanganan bencana tak berhenti pada alat komunikasi. TNI juga mengirimkan 30 dokter spesialis tulang. Mereka ditugaskan mengobati korban selamat yang tertimpa reruntuhan bangunan.

Rudi menegaskan setiap pihak harus bersama-sama menanggulangi bencana. “Bencana yang ada di Palu dan Donggala tidak hanya bencana yang hanya dirasakan masyarakat sekitar, tapi bencana ini juga bencana masyarakat Indonesia,” ujarnya.(Agus)

Related For Seratus Satelit Dari Kemkominfo Ke Donggala