Kominfo Umumkan Tarif Pengguna infrastruktur Palapa Ring Barat

Jumat, September 28th 2018. | Headline, Nasional

Jakarta, Suronews – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sesuai janji melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infromatika (BAKTI) mengumumkan skema tarif untuk penggunaan infrastruktur Palapa Ring Barat pada hari ini, Jumat (28/9/2018).

Palapa Ring Barat menghubungkan sejumlah kabupaten dan kota di Pulau Sumatera dan Kalimantan dengan kabel serat optik yang membentang sepanjang 1.980 kilometer.

Secara fungsi, infrastukturnya sudah resmi beroperasi sejak Maret lalu. Untuk penetapan tarifnya sendiri terbagi menjadi dua, yakni tarif penyediaan kapasitas pita lebar (bandwidth)dan tarif penyediaan kabel serat optik pasif (dark fiber).

Untuk tarif penyediaan bandwidth, penetapannya berbasis beberapa faktor, yakni nilai investasi, harga pasar, dan jumlah pengguna jasa. Setiap pengguna jasa hanya bisa memanfaatkan bandwidth maksimal 10 Gbps.

Adapun tarif penyediaan dark fiber bertumpu pada pertimbangan yang lebih teknis. Misalnya saja biaya per unit layanan, nilai investasi, panjang dan lokasi kabel, serta harga pasar.

Untuk kebutuhan promosi dan uji coba pemanfaatan layanan, BAKTI dapat menetapkan tarif hingga Rp 0 (nol) dengan jangka waktu tertentu.

Paket Barat adalah proyek Palapa Ring yang lebih dahulu selesai. Selain itu, ada pula Paket Tengah dan Paket Timur yang tengah berproses.

Palapa Ring Tengah menjangkau 17 kota dan kabupaten di Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara dengan kabel serat optik sepanjang 2.467 kilometer. Kominfo menargetkan proyek ini rampung pada akhir September 2018.(red)

Related For Kominfo Umumkan Tarif Pengguna infrastruktur Palapa Ring Barat