Bawaslu : Ada 202 Eks Napi Daftar Bacaleg

Rabu, Agustus 1st 2018. | Headline, Politik & Hukum

Jakarta, Suronews – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah menemukan 202 eks narapidana kasus korupsi yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pileg 2019. Jumlah ini meningkat dari temuan sebelumnya.

Sementara itu, Fritz Edward Siregar Anggota Bawaslu mengatakan,”Ya awalnya kita temukan 199. Kemudian kita input data lagi, kami lakukan penelitian kembali, di dapat 223. Namun setelah dilakukan validasi maka didapat angka 202 tersebut,” ujarnya di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat, Rabu 1 Agustus 2018.

Fritz mengatakan 202 bacaleg eks koruptor tersebar di 12 provinsi, 97 kabupaten, dan 19 kota. Namun, Bawaslu belum memiliki data jumlah yang nyaleg di tingkat DPR.

Fritz menyampaikan,”Itu data yang kami temukan. Untuk di DPR kami belum bisa berikan jawaban kira-kira berapa jumlah caleg mantan napi korupsi,” katanya

Fritz mengatakan Bawaslu mengecek latar belakang bacaleg yang terindikasi mantan koruptor. Pengecekan itu mulai dari berkas surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) hingga verifikasi ke Polres setempat.

“Validasi ini untuk memastikan dia bukan terpidana korupsi, kekerasan seksual dan bandar narkoba,” jelasnya.(Ira)

 

Related For Bawaslu : Ada 202 Eks Napi Daftar Bacaleg