KPU Menyusun dan Mengumumkan DCS 8-12 Agustus

Selasa, Juli 31st 2018. | Headline, Politik & Hukum

Jakarta, Suronews – Proses verifikasi  calon anggota legislatif (caleg) yang mantan koruptor, bandar narkoba, dan pelaku pelecehan seksual pada anak, sudah selesai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU  menyelesaikan penghitungan caleg eks koruptor di tingkat DPR. Namun, proses masih berlangsung untuk tingkat DPRD provinsi, kabupaten, dan kota.

Sebelumnya, data caleg yang eks koruptor dirilis oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebanyak 199 caleg mantan napi korupsi di tingkat DPRD. Tapi KPU tidak mengakui data tersebut.

“Kalau data dari Bawaslu, 199 (caleg) itu saya juga enggak tahu data darimana ya, tetapi mereka sudah koreksi itu,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra saat dikonfirmasi, Selasa (31/7/2018).

Lebih lanjut Ilham Saputra menambahkan,”Prinsipnya memang di sebagian provinsi, kabupaten, dan kota sudah ada yang mengganti calegnya, terutama yang teridentifikasi mantan napi korupsi,” ucapnya

Berkas calon yang terindikasi mantan napi telah dikembalikan oleh KPU kepada parpol untuk diperbaiki. Hari ini, pukul 00.00 WIB, merupakan batas akhir pengumpulan perbaikan oleh parpol

Setelah itu, KPU akan menyusun dan mengumumkan daftar calon sementara (DCS) pada 8-12 Agustus 2018. Baru pada tahap ini, daftar calon akan dibuka agar masyarakat dapat menyampaikan tanggapan dan masukan terhadap DCS, pada 12-21 Agustus 2018.

Jika ada masukan atau tanggapan, KPU akan mengklarifikasi dengan parpol pada 22-28 Agustus 2018. Pada akhirnya, parpol akan menjawabnya di 29-31 Agustus 2018.(Ira)

Related For KPU Menyusun dan Mengumumkan DCS 8-12 Agustus