Tarif Ojek Online Akan Naik, Bersiaplah

Jumat, April 6th 2018. | Headline, Nasional

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai mediator antara pengemudi ojek online (ojol) dengan pihak aplikator secara intensif menggelar pertemuan untuk membahas masalah ketetapan tarif ojek online yang dinilai terlalu murah.

Kemarin sudah ada pertemuan lagi. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan rapat sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya yang berlangsung di Kantor Staf Presiden (KSP) Maret lalu.

Business menjelaskan,”Sesuai dengan petunjuk Menteri Perhubungan di KSP, posisi pemerintah adalah menengahi soal tarif antara aplikator dengan mitra pengemudi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Rapat dihadiri perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), pihak aplikator, serta perwakilan pengemudi dari Gabungan Aksi Roda Dua (Garda).

1.Tarif Ojek Online Siap Naik

Budi Setyadi menyampaikan di. dalam pertemuan kemarin juga ada kesepakatan untuk membantu menaikkan posisi tawar pengemudi karena ketidakberdayaan mereka dalam menghadapi keputusan sepihak dari aplikator.

Budi mengatakan,”Kami akan mereview kerja sama antara pihak aplikator dengan mitra pengemudi. Selama ini dilakukan dengan sistem, sehingga pengemudi tidak memahami substansi kerjasama itu,” ujarnya

Business mengatakan,Pihaknya akan meminta Kemenakertrans dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk mereview kesepakatan tersebut soal tarif aplikator sendiri sepakat melakukan perbaikan tarif.

“Namun kedua aplikator bersepakat untuk melakukan perbaikan tarif dan pendapatan pengemudi, hal inilah yang nantinya akan mereka diskusikan dengan pengemudi masing- masing,” jelasnta

Budi mengatakan, dirinya telah menerima keluhan dari pengemudi mengenai pendapatan mereka yang terasa jauh berbeda antara saat ini. Kondisi itu berbeda dengan 1- 2 tahun lalu.

Budi menjelaskan,”Kata mereka sekarang semakin menurun. Apalagi semakin banyaknya pengemudi yang menjadi mitra dari aplikator. Selain itu, juga karena ketatnya persaingan antar aplikator,” ucapnya

2.Kenaikan Tarif Atas Kesepakatan Pengemudi dan Aplikator

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin (2/4) menyatakan pemerintah hanya sebagai memeditor antara driver ojol dan aplikator mengenai penetapan tarif baru.

Lanjut Budi, “Berkaitan ojek online seperti amanat waktu itu oleh Pak Presiden (Joko Widodo) maka Kemenhub bersama KSP (Kepala Staf Presiden), Menkominfo hanya memediasi agar saudara kita ojek online itu untuk lakukan kegiatan diskusi tentang penetapan hal-hal yang diinginkan,” ujarnya

Pemerintah tak bisa intervensi aplikator, tapi pihaknya tetap menekankan agar besaran tarif yang ditetapkan oleh aplikator turut mengedepankan kepentingan driver.

Budi menjelaskan,”Kita ingin sampaikan kepada online bahwa kita utamakan bagaimana para ojek itu dapatkan suatu perlindungan jumlah tarif yang memadai, itu pun pemerintah tak akan masuk dalam perundingan,” ungkapnya

Pemerintah dalam hal ini Kemenhub hanya mengatur tarif taksi online yang tertuang dalam PM 108.

3.Komitmen Pemerintah Soal Tarif Ojek Online

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi pada Senin (2/4) mengatakan pihaknya berjanji untuk kembali bertemu aplikator dan driver ojek online membahas ketetapan tarif. Hal itu sudah direalisasikan dengan adanya pertemuan kemarin.

Budi memaparkan, “Saya tadi sudah menyampaikan kita akan ada pertemuan kembali dengan menghadirkan KPPU termasuk juga pemerintah yang sekarang ini. Lusa paling cepat besok, kalau enggak lusanya lagi kita akan ada rapat kembali,” ungkapnya

Lebih lanjut ketika ditanya mengenai proses final penetapan tarif yang akan dilakukan, Kemenhub menyerahkan seutuhnya pada perundingan ojek online dan aplikator.

Budi menjelaskan, “Ya nanti tergantung pertemuan. Saya nggak bisa pastikan. Apakah final atau gimana. Yang penting nanti mereka akan difasiltasi oleh KPPU. Belum (final), ya nanti kita akan undang KPPU besok lusa itu. Kita harapkan udah ada titik temu lah. Saya sendiri ingin cepat selesai karena ini dituntut juga oleh teman-teman dari Garda (driver ojol),” tutupnya. (ali )

Related For Tarif Ojek Online Akan Naik, Bersiaplah