Kemendagri dan Inha University Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pemerintah melalui Pelatihan di Korea Selatan

oleh -33 Dilihat

Jakarta,Suronews.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Bandung, dan Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) telah menjalin kerja sama dengan Inha University, Korea Selatan. Kerja sama ini diwujudkan dalam bentuk Program Pelatihan Internasional untuk Pemerintahan yang Cerdas dan Peningkatan Kapasitas Kebijakan yang berlangsung dari tanggal 24 Juni hingga 3 Juli 2024 di Incheon Global Campus (IGC), Korea Selatan.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam mewujudkan smart governance dan kinerja pemerintah daerah (Pemda) melalui penyusunan kapasitas kebijakan yang lebih efektif. “Tujuannya adalah untuk membangun interaksi yang lebih responsif dengan masyarakat,” ujar Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono.

Manfaat pelatihan ini salah satunya memberikan kesempatan bagi peserta untuk melihat langsung bagaimana pemerintah Korea mengelola pola produksi dan konsumsi sebagai kebutuhan dasar manusia. Peserta juga akan belajar tentang manajemen sumber daya manusia melalui kepemimpinan yang inklusif, serta menghasilkan lingkungan kerja yang dinamis.

Selain itu, kegiatan ini juga mendorong pertukaran akademis dan kerja sama yang lebih besar dalam bidang peningkatan kapasitas aparatur Pemda untuk tata kelola dan pengembangan kebijakan. Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat hubungan internasional serta pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia, Korea Selatan, Kazakhstan, dan Mongolia dalam bidang tata kelola pemerintahan dan pengembangan kebijakan publik di era digital.

Melalui program ini, diharapkan tercipta sinergi yang lebih baik antara negara-negara peserta dalam upaya meningkatkan kualitas pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.