PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta Tekankan Pentingnya RKPD dalam Pembangunan Daerah

oleh -401 Dilihat

Yogyakarta,Suronews.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Yogyakarta menekankan pentingnya Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan Pengawas Angkatan I serta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV Tahun 2024. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan kepemimpinan dalam rangka meningkatkan kinerja dan efektivitas publik.

Sugeng menegaskan, keberhasilan Diklat tidak hanya soal predikat, tapi juga lebih pada kemanfaatan peran di sebuah institusi pemerintah agar selalu sanggup mengelola berbagai sumber daya organisasi.

“Kepemimpinan modern harus mampu memprediksi peluang dan tantangan di tengah pergolakan atau dinamika global yang untuk diterjemahkan dalam dokumen perencanaan pembangunan secara komprehensif, mulai jangka panjang, menengah hingga cakupan jangka pendek,” katanya pada Jumat (28/6/2024).

Sugeng menggarisbawahi peran penting RKPD yang diharapkan menjadi pedoman dalam penyusunan anggaran dan program pembangunan daerah yang sesuai dengan prioritas nasional dan daerah. Pembangunan daerah yang terencana dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan, kesempatan kerja, dan kualitas pelayanan publik.

Ia berharap, pelatihan kepemimpinan ini harus berkontribusi besar terhadap perumusan hingga implementasi kebijakan yang berdampak. Harapan ini ditujukan baik bagi alumni maupun yang sedang menjalani proses pembelajaran dalam pelatihan kepemimpinan. Peran alumni juga harus berkembang dan berdampak signifikan dalam interaksi dengan unit kerja, mitra kerja maupun masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.